BREAKING NEWS

buah hamil

ciri hamil

cara hamil

IKLAN DISINI

Panduan senam hamil bagi ibu hamil

Panduan senam hamil bagi ibu hamil
Senam hamil merupakan gerakan senam yang dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki umur kehamilan sekitar 6 bulan atau 24 minggu kehamilan yang bertujuan agar dapat melatih otot-otot ibu hamil, sehingga nantinya dapat membantu saat proses melahirkan normal.  Senam hamil dapat dilakukan untuk melatih otot perut, otot panggul maupun otot paha. Senam hamil juga dapat bermanfaat agar ibu hamil dapat relaksasi atau menenangkan pikiran.

Banyak sekali manfaat panduan senam hamil bagi ibu hamil, jika dilakukan secara teratur dan rutin, terutama dapat membantu ibu hamil mengurangi rasa sakit saat melakukan persalinan secara normal, karena ibu hamil sudah mengetahui teknik pernafasan yang benar serta memiliki otot-otot yang sudah terlatih untuk bisa mengejan dengan baik ketika akan melahirkan.

Berikut adalah panduan senam hamil bagi ibu hamil :
1. Duduk bersila dengan punggung posisi tegak, kedua lengan arahkan ke depan, dan posisi tangan berada di lutut. Lakukan gerakan ini sesering mungkin setiap kali Anda santai.
2. Lakukan posisi merangkak dengan lebar kedua telapak tangan sama dengan lebar antara kedua bahu Anda. Posisi Badan sejajar dengan lantai termasuk bahu dan bokong Anda. Tundukkan kepala Anda dan tahan beberapa saat, kemudian angkat kepala dan tahan beberapa saat. Lakukan terus hingga 8 kali.
3. Posisi merangkak dengan kepala berada di sela kedua tangan. Kemudian, kepala menoleh ke samping kanan dan ke kiri. Turunkan badan Anda, sampai dada menyentuh lantai dengan merentangkan siku sejauh mungkin ke samping. Pertahankan posisi ini sepanjang 1 menit, lalu naikkan hingga 5 menit, 10 menit atau sesuai tenaga Anda.
4. Posisi berbaring miring ke arah kiri (yakni arah punggung bayi), tempatkan lutut kanan di depan, lutut kiri tempatkan di belakang. Apabila Anda kesusahan, gunakanlah bantuan bantal.
5. Posisi berbaring miring, tekuklah ke-2 lutut dan ke-2 lengan. Gunakanlah bantal di bawah kepala serta bawah perut supaya perut tidak menggantung. Atur napas serta tenangkanlah pikiran.
6. Posisi berbaring telentang. Sembari memegang ke-2 lutut dengan ke-2 tangan. Pada saat posisi ini, Anda bisa membuka mulut secukupnya, menarik napas sedalam mungkin, serta mengembuskannya. Kerjakan tenaga mengejan layaknya saat Anda buang air besar, gerakkan badan ke bawah serta ke depan, kembalil lah ke posisi awal apabila Anda merasa capek. Ulangilah gerakan ini 3-4 kali setiap 2 menit.

Semoga artikel mengenai panduan senam hamil bagi ibu hamil dapat bermanfaat.

Sumber : tipstriksib.blogspot.com
Bagikan ke teman Anda :
 
Copyright © 2013 Hamil
Powered byBlogger